Search

Senada dengan Menkominfo, Wishnutama Minta Netflix Gandeng Kreator Lokal - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama meminta penyedia layanan streaming asal Amerika Serikat, Netflix, bekerja sama dengan sineas-sineas lokal Indonesia.

"Seperti yang Pak Menkominfo sampaikan juga, kita harus sampaikan pada Netflix, kalau bisa di Indonesia itu jangan pakai Netflix Original dulu, dia harus mengajak kerja sama sama production-production Indonesia," kata Wishnutama di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (9/1/2020).

Wishnutama tidak ingin Indonesia yang memiliki pangsa pasar besar hanya menjadi konsumen layanan Netflix.

Baca juga: Soal Pemblokiran, Ini Kata Netflix

Menurut Wishnutama, Netflix juga mesti ikut berinvestasi di Indonesia, salah satunya dengan menggandeng rumah-rumah produksi film di Indonesia.

"Harus membesarkan produk Indonesia yaitu bekerja sama dengan PH-PH (production house) Indonesia sehingga memberikan manfaat juga buat dunia ekonomi kreatif di Indonesia bukan hanya sekadar bawa program dari luar," kata Wishnutama.

Pendiri stasiun televisi NET itu khawatir industri perfilman Indonesia dapat bernasib sama seperti industri perfilman Hollywood yang menurutnya mulai kalah bersaing dengan film-film keluaran Netflix.

"Mereka punya big data, mereka punya AI, mereka bisa tahu mana yang ini, akhirnya bikin film sendiri semuanya. Pada saat dia bikin film semua sendiri, nantinya industri kreatif di Indonesia kita cuma jadi tukang lagi," ujar Wishnutama.

Sementara itu, Wishnutama mengaku belum tahu adanya kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Netflix dalam hal pelatihan penulisan skenario untuk para pembuat film Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate meminta penyedia layanan streaming film asal Amerika Serikat, Netflix, untuk memperbanyak film Indonesia di aplikasi mereka.

Hal ini untuk mendorong tumbuh kembang kreativitas di dalam negeri.

Baca juga: Nadiem Makarim: Saya Ngefans Netflix, Senang Lihat Konten Indonesia Makin Banyak

"Kepada Netflix tentu kita minta, tolong gunakan juga hasil dari kreativitas di dalam negeri, kan banyak yang bisa membuat film dalam negeri untuk diedarkan," kata Johnny di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Johnny bahkan meminta Netflix di Indonesia untuk tidak memuat dulu film dan serial asli mereka yang diproduksi di luar negeri.

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
January 09, 2020 at 06:17PM
https://ift.tt/2QBLb8u

Senada dengan Menkominfo, Wishnutama Minta Netflix Gandeng Kreator Lokal - Kompas.com - KOMPAS.com
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Senada dengan Menkominfo, Wishnutama Minta Netflix Gandeng Kreator Lokal - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.