Search

Pemerintah Diminta Pakai Karet Lokal Bangun Ibu Kota Baru - Okezone Economy

JAKARTA - Ketua Umum Dewan Karet Indonesia (Dekarindo) Aziz Pane meminta pemerintah untuk memanfaatkan karet alam menjadi bahan campuran proyek pembangunan ibu kota negara baru.

Menurutnya, permintaan ini sudah disampaikan kepada pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Dia bilang, pembangunan klaster-klaster ibu kota bisa saja dilakukan dengan memanfaatkan karet.

Seperti untuk pembangunan bangunan anti gempa, pembangunan pelabuhan, hingga jalanan aspal dengan campuran karet.

Baca juga: Jokowi Pamerkan Desain Ibu Kota Baru di Depan Pelaku Industri Jasa Keuangan

"Jadi pembangunan ibu kota baru seluruhnya harus pakai karet Indonesia," ujarnya ditemui di Menara Kadin, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Aziz menyatakan, dengan pemanfaatan karet dalam proyek ibu kota baru bakal meningkatkan serapan karet di dalam negeri. Menurutnya, saat ini industri karet tengah mengalami permasalahan karena serapannya lebih rendah dari produksinya.

Di samping itu, perkebunan karet Indonesia banyak terkena penyakit dan tren harganya sering kali turun. Hal ini membuat banyak petani karet menggeser tanamannya ke komoditas kelapa sawit.

Baca juga: Libatkan Konsultan Kelas Dunia, Perencanaan Ibu Kota Baru Masuk Tahap Masterplan

"Jadi kalau enggak seperti itu, (digunakan untuk pembangunan ibu kota baru) maka tidak akan meningkat penyerapan karet alam kita. Kalau itu enggak kita lakukan, maka karet alam akan ditinggalkan petani," kata dia.

Oleh sebab itu, Aziz menilai dengan penyerapan karet yang tinggi diharapkan dapat membangkitkan semangat para petani untuk menanam pohon karet. Mengingat, karet menjadi komoditas dunia yang masih sangar diperlukan oleh industri dalam negeri.

"Petani itu jadi pesimis sekarang, itu yang mau kita naikkan gairahnya dia menanamkan karet alam ini," kata dia.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
January 20, 2020 at 04:35PM
https://ift.tt/2R8qlO8

Pemerintah Diminta Pakai Karet Lokal Bangun Ibu Kota Baru - Okezone Economy
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah Diminta Pakai Karet Lokal Bangun Ibu Kota Baru - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.