Search

BNPB: Belum Ada Sistem Peringatan Dini Banjir Akibat Hujan Lokal - detikNews

Jakarta - Kepala Pusat Pengendalian Operasi BNPB, Bambang Surya, menyebut belum ada sistem peringatan dini terhadap banjir akibat curah hujan tinggi yang bersifat lokal di satu wilayah. Dia mengatakan saat ini baru ada sistem peringatan seperti yang ada di Bendungan Katulampa.

"Ketika kita mendapatkan curah hujan yang tinggi yang sifatnya lokal di perkotaan itu memang belum tersedia early warning system," ujar Bambang Surya di Sasana Krida Karang Taruna Bidara Cina, Jalan Baiduri Bulan, Bidara Cina, Jakarta Timur, Sabtu (4/1/2020).

Dia mengatakan BNPB bakal mengevaluasi sistem peringatan dini yang ada di bendungan sungai besar seperti Katulampa. Sistem itu bakal dicek apakah masih berfungsi normal atau tidak.

"Sistemnya sebetulnya sudah ada tapi kita evaluasi lagi apakah masih berfungsi normal saat ini. Kemaren terjadi kendala nya seperti apa karena memang early warning system yang tersedia saat ini itu berada pada jalur-jalur dan sungai-sungai utama," kata Bambang.

Bambang menyebut sistem peringatan dini untuk potensi banjir bakal disampaikan ke masyarakat di suatu wilayah dengan SMS. Dia juga menyebut peringatan dini diberikan lewat media sosial.

"Early warning system itu sebetulnya harus sampai ke masyarakat satu persatu tapinya baik menggunakan handphone atau sosial media," ujarnya.

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
January 04, 2020 at 02:26PM
https://ift.tt/2QnYUj0

BNPB: Belum Ada Sistem Peringatan Dini Banjir Akibat Hujan Lokal - detikNews
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BNPB: Belum Ada Sistem Peringatan Dini Banjir Akibat Hujan Lokal - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.