Search

China Catat Nol Kasus COVID-19 Lokal, Tapi Kasus Impor Nambah - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Walaupun China Daratan melaporkan tidak ada kasus COVID-19 lokal baru selama dua hari berturut-turut, namun kasus impor sepertinya naik. Kini Beijing mulai meningkatkan kontrol guna mencegah gelombang kedua pandemi corona.

Sebanyak 67 kasus baru dilaporkan pada Rabu (25/3/2020), atau naik dari 47 kasus sehari sebelumnya. Dalam sebuah pernyataan pada Kamis (26/3/2020), Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan jumlah tersebut merupakan kasus dari luar negeri.


Kasus paling banyak terjadi di Shanghai dengan 18 pasien. Lalu diikuti oleh wilayah Mongolia Dalam dengan 12 kasus dan Guangdong dengan 11 kasus.

Wakil Menteri Luar Negeri Luo Zhaohui mengatakan bahwa sekitar 90% dari semua kasus impor adalah pemegang paspor China. Dengan 40% adalah pelajar China perantauan yang kembali di tengah meningkatnya infeksi di luar negeri.

"Kami memahami beberapa siswa luar negeri sangat ingin pulang," kata Luo dikutip dari Reuters.

"Tetapi dalam situasi saat ini, dengan tetap tinggal, mereka dapat menghindari infeksi silang dalam perjalanan pulang yang terburu-buru atau terjebak di tengah perjalanan karena adanya kontrol kencang di perbatasan negara-negara lain."

Khawatir gelombang infeksi baru, pihak berwenang telah meningkatkan tindakan karantina dan penyaringan di kota-kota besar lainnya. Termasuk Beijing, di mana setiap pelancong yang datang dari luar negeri harus tunduk pada karantina terpusat.

China Daratan mencatat ada 81.285 kasus positif. Dengan pasien meninggal berjumlah 3.287 kasus kematian dan pasien sembuh 74.051 kasus.

Kasus aktif sebanyak 3.947. Di mana ada 2.712 pasien mengalami gejala ringan-sedang dan 1.235 serius.

Jumlah kasus harian baru di China yang turun tajam, memungkinkan pemerintah untuk mendorong memulai kembali kegiatan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Provinsi Hubei, rumah bagi sekitar 60 juta orang, melaporkan tidak ada kasus baru dan mulai membuka perbatasannya.

Di Xianning, transportasi umum sudah beroperasi namun banyak warga masih wajib menggunakan masker. Lockdown di kota Wuhan juga akan dicabut pada 8 April mendatang.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
March 26, 2020 at 03:31PM
https://ift.tt/2vR0J0z

China Catat Nol Kasus COVID-19 Lokal, Tapi Kasus Impor Nambah - CNBC Indonesia
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "China Catat Nol Kasus COVID-19 Lokal, Tapi Kasus Impor Nambah - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.