Search

BPPT Pimpin Pengembangan Rapid Test Lokal Covid-19 - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT) mendapatkan mandat dari Kementerian Riset dan Teknologi untuk menjadi koordinator percepatan pengembangan produk dalam negeri guna mengatasi wabah Covid-19.

Produk yang menjadi fokus utama dari mandat tersebut adalah pembuatan Rapid Diagnostic Test (RDT Kit) yang khusus dirancang untuk warga Indonesia.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Hammam Riza mengatakan, pihaknya siap mengerahkan Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19).

“TFRIC19 tengah berupaya mengembangkan kit Deteksi Corona buatan lokal,” kata dia.

Menurutnya, adanya produk buatan luar negeri saat ini menjadi tantangan bagi peneliti dan perekayasa dalam negeri untuk bisa segera menghasilkan produk Kit Deteksi Covid-19 buatan lokal.

Baca juga: Kondisi Membaik, Hasil Spesimen Pertama dari 2 Pasien Covid-19 di Merauke Negatif

Hammam mengatakan, beberapa produk Kit Deteksi Corona virus dari luar negeri yang akan digunakan untuk melakukan percepatan skrining pada PDP dan ODP, merupakan salah satu subtansi yang memang tengah menjadi perhatian serius TFRIC19.

Menurut dia, teknologi clearing diperlukan untuk memastikan produk kit deteksi virus corona dari luar negeri tersebut untuk memastikan apakah memenuhi persyaratan dan sesuai kondisi wabah di Indonesia.

“Kit deteksi virus corona buatan luar perlu dipastikan apa sesuai dengan kondisi wabah di tempat kita (Indonesia),” ujar Hammam.

Baca juga: 180 Kamar Rusunawa Rejosari Jadi Tempat Karantina TKI Malaysia

Gunakan sampel orang Indonesia positif Covid-19

Adapun terkait upaya pengembangan test kit rencananya akan menggunakan strain virus berasal dari orang Indonesia yang terdeteksi Covid-19 dengan status penyebarannya transmisi lokal.

Menurutnya RDT kit yang dikembangkan secara lokal sangat penting karena menggunakan sampel-sampel penderita di dalam negeri.

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
March 31, 2020 at 01:06PM
https://ift.tt/3dGP19E

BPPT Pimpin Pengembangan Rapid Test Lokal Covid-19 - Kompas.com - KOMPAS.com
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BPPT Pimpin Pengembangan Rapid Test Lokal Covid-19 - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.