Search

Karang Bedil Terapkan Karantina Lokal - SUARA NTB

Pintu masuk di lingkungan Karang Bedil Kelurahan Mataram Timur, Senin, 30 Maret 2020. Kaling Karang Bedil memberlakukan karantina lokal untuk mengantisipasi sebaran Covid-19 di lingkungannya.(Suara NTB/viq)

Mataram (Suara NTB) – Lingkungan Karang Bedil Kelurahan Mataram Timur sejak Sabtu malam, 29 Maret 2020 mulai menerapkan kebijakan karantina alias lockdown lokal. Hal itu dilakukan untuk mengurangi aktivitas warga di lingkungan di tengah pandemi wabah Corona Virus Disease (Covid-19) di Mataram.

Lurah Mataram Timur, Rahmawati mengatakan, pemberlakuan karantina lokal ini atas inisiatif kepala lingkungan Karang Bedil. Selama pemberlakuan karantina lokal  jelas dia, pintu masuk di lingkungan Karang Bedil dijaga ketat Kaling dan Linmas.

“Sejauh ini memang di lingkungan Karang Bedil yang di-lockdown total. Pintu masuk ke lingkungan juga hanya satu jalan,” katanya, kepada Suara NTB, Senin, 30 Maret 2020.

Rahma menyebut, selain lingkungan Karang Bedil, beberapa lingkungan di Kelurahan Mataram Timur juga menerapkan pengawasan secara ketap. Baik di lingkungan Karang Sukun dan Karang Medain.

“Cuma di dua itu tidak sampai di-lokcdown. Baru sebatas pemeriksaan saja untuk warga yang keluar masuk lingkungan,” jelasnya.

Penerapan kebijakan karantina lokal ini kata Rahma tak diintervensi pihak kelurahan. Kebijakan itu dilakukan sepenuhnya dari Kaling. Aktivitas keluar masuk di lingkungan Karang Bedil, masih bibolehkan. Namun, memasuki lingkungan Karang Bedil, satgas penangnan Covid-19 di lingkungan tersebut akan memeriksa ketat kondisi kesehatan warga.

“Mereka juga sudah menyiapkan hand sanitizer di sana. Bagi yang masuk lingkungan juga, mereka akan dicek oleh satgas di sana. Juga, bagi yang datang akan disemprot disinfektan sesuai dengan SOP-nya,” jelasnya. Namun, sejauh ini, pengecekan suhu tubuh bagi tamu yang menuju lingkungan Karang Bedil belum dapat dilakukan. Mengingat, thermal scanner belum dimiliki pihak lingkungan.

Terpisah, Kepala Lingkungan Karang Bedil, Meiwardy Fiqri menjelaskan, pemberlakuan karantina lokal memang sudah diterapkan. Selain membatasi warga yang keluar masuk lingkungan, pihaknya juga melarang semua warga di lingkungan berkeliaran di tengah pandemi Covid-19 ini.

Dari enam pintu masuk di lingkungan Karang Bedil ujar Fiqri, pihaknya telah memberlakukan one way untuk memperketat jalur masuk lingkungan.

“Sesuai SOP-nya kita terapkan satu pintu untuk keluar masuk. Siapapun yang masuk kita akan periksa. Juga kan bagi tamu yang masuk, wajib menggunakan masker,” katanya.

Fiqri pun memaparkan, pada pintu masuk di lingkungan Karang Bedil, pihaknya menerapkan sistem ronda per 6 jam. “Jadi yang jaga akan menjaga selama 6 jam kerja. Nanti kita akan gantian,” tutupnya. (viq)

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
March 31, 2020 at 07:29AM
https://ift.tt/3ax5yLB

Karang Bedil Terapkan Karantina Lokal - SUARA NTB
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Karang Bedil Terapkan Karantina Lokal - SUARA NTB"

Post a Comment

Powered by Blogger.