Search

Jokowi Minta Brand Lokal Kuasai Rest Area Tol - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diberi ruang untuk menguasai tempat peristirahatan atau rest area di jalan tol.

" Rest area di jalan tol isi dengan produk-produk brand lokal," kata Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Jokowi mengaku sudah berulang kali mengingatkan hal ini kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Baca juga: Sewa Rest Area 360 Dipatok Rp 250.000 Per Meter Persegi Per Bulan

Sebab, ia melihat selama ini tol dikuasai oleh brand makanan dari luar negeri.

"Karena yang lalu lalu kita lihat kalau rest area itu pasti isinya kalau kopi ya kopi itu, kalau ayam ya ayam itu, enggak usah saya sebutkan, saya kira Bapak ibu tahu semuanya. Ini mulai harus digeser," kata dia.

Padahal, Jokowi menegaskan banyak produk lokal sejenis dengan rasa yang lebih enak dan harga yang juga jauh lebih murah.

Baca juga: Rest Area Terlengkap di Indonesia Telan Dana Rp 70 Miliar

Oleh karena itu, Jokowi ingin tol yang baru dibangun atau tengah dibangun membuka ruang bagi produk lokal yang ingin masuk.

"Yang lokal banyak sekarang, kopi lokal yang bagus juga bulanyak sekarang ini. Ayam juga kan banyak sekali, masa yang dipasang di depan rest area pasti ayam itu itu saja," ujarnya.

Jokowi mencontohkan jalan tol Trans Sumatera yang tengah dibangun dan akan membentang dari Lampung hingga Aceh.

"Nanti jalan tol dari Lampung sampai ke Aceh itu berapa ada rest area? Pasang dong brand-brand lokal kita. Tol di Jawa juga sama, rest area tolong diisi oleh UMKM kita," ujarnya.

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
December 09, 2019 at 04:04PM
https://ift.tt/2E1zW1Q

Jokowi Minta Brand Lokal Kuasai Rest Area Tol - Kompas.com - KOMPAS.com
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Minta Brand Lokal Kuasai Rest Area Tol - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.