Search

Erick Wajibkan BUMN Utamakan Produk Lokal, Siapa Untung? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi merilis peraturan menteri BUMN Nomor PER-08/MBU/12/2019 tentang pedoman umum pelaksanaan pengadaan barang dan jasa BUMN.

Aturan tersebut mewajibkan pengguna barang dan jasa untuk mengutamakan penggunaan produksi dalam negeri, rancang bangun, dan perekayasaan nasional, serta perluasan kesempatan bagi usaha kecil, sepanjang kualitas, harga, dan tujuannya dapat dipertanggungjawabkan.



Pengguna barang dan jasa dapat memberikan preferensi penggunaan produksi dalam negeri dengan tetap mengindahkan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.




Terkait dengan penggunaan produksi dalam negeri di Pasal 8 disebutkan, direksi BUMN membentuk Tim Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) guna memonitor dan memastikan penggunaan komponen dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa.

Peraturan tersebut diharapkan mampu memberi dampak positif untuk industri tanah air. Salah satu industri yang diuntungkan adalah industri baja. Di periode yang kedua ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih akan melanjutkan agenda strategisnya yaitu pembangunan infrastruktur.

Ketika infrastruktur masih masif dibangun, maka kebutuhan akan baja terdongkrak. Pasalnya untuk membangun berbagai infrastruktur strategis mulai dari rel kereta, konstruksi bangunan dan perumahan serta agrikultur, baja merupakan bahan dasarnya.

Industri Baja RI 'Untung' Karena Permen BUMN Terbaru, Yakin?Sumber : Indonesian Iron & Steel Industry Association (IISIA)

Prioritas Jokowi untuk melanjutkan infrastruktur di periode keduanya tercermin dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020. Pemerintahan Jokowi menganggarkan dana sebesar Rp 423,3 triliun untuk infrastruktur. Jumlahnya naik 5,9% dibanding anggaran tahun 2019.

Sasaran target untuk pembangunan infrastruktur di tahun 2020 antara lain pembangunan konektivitas 486 km, pembangunan 3 unit bandara baru, bendungan 49 unit, pembangunan dan rehabilitasi jembatan sepanjang 19.014 m, tak ketinggalan pembangunan rel kereta dan rumah.

Sejauh ini BUMN karya banyak ditugaskan untuk berbagai proyek pembangunan infrastruktur. Jika BUMN masih mendominasi di berbagai proyek infrastruktur maka kebutuhan baja akan banyak diserap dalam proyek strategis ini.

Dengan adanya permen tersebut artinya industri baja tanah air juga akan diuntungkan dan ikut terdorong. Kalau membahas baja, sebenarnya konsumsi baja tanah air masih relatif rendah dibanding negara tetangga lho.

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
December 20, 2019 at 03:34PM
https://ift.tt/2ZfLLeQ

Erick Wajibkan BUMN Utamakan Produk Lokal, Siapa Untung? - CNBC Indonesia
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Erick Wajibkan BUMN Utamakan Produk Lokal, Siapa Untung? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.