Search

Pencak Silat Didorong Masuk Kurikulum Muatan Lokal Sekolah - Jawa Pos

JawaPos.com – Pencak silat baru saja diakui sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO. Sejumlah pihak langsung tancap gas untuk menyusun program pelestarian pencak silat. Di antaranya adalah dimasukkan dalam kurikulum muatan lokal.

Ketua Umum Asosiasi Silat Tradisi Silat Betawi Indonesia (Astrabi) Anwar Al Batawi mendorong supaya Gubernur DKI Jakarta untuk menerbitkan Peraturan Gubernur tentang silat Betawi. Dengan adanya peraturan gubernur itu diharapkan silat Betawi menjadi muatan lokal di sekolah-sekolah di wilayah DKI Jakarta. ’’Supaya silat Betawi jadi industri baru di Indonesia,’’ kata Anwar di sela kegiatan Festifal Silat Tradisi Betawi di Jakarta Minggu (14/12).

Usulan dari Anwar itu mendapatkan respon positif dari Anggota DPRD DKI Jakarta Purwanto. Legislator dari Partai Gerindra itu mendukung supaya silat Betawi menjadi kurikulum wajib di sekolah-sekolah ibukota. Mulai jenjang dasar, menengah, bahkan sampai pendidikan tinggi.

Dia berharap Astrabi beserta elemen masyarakat langsung mengusulkan adanya audensi dengan parlemen untuk mengusulkannya. ’’Kalau ini usulan dari bawah, saya kira lebih bagus,’’ tuturnya. Menurut Purwanto selama ini anak-anak yang jago silat Betawi beraktivitas pada sanggar-sanggar.

Akibatnya para guru tidak maksimal bisa memantau bahwa anak didiknya ada yang jago silat Betawi. Dia berharap dimasukkannya silat Betawi pada kurikulum muatan lokal di DKI Jakarta bisa diterapkan pada 2021 nanti. Sebab untuk anggaran 2020 sudah selesai pembahasan.

Kepala Suku Dinas Parwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan Imron menuturkan pengakuan dari UNESCO tersebut adalah penghargaan yang tidak ternilai. ’’Menjadi kewajiban kita menjaga semuanya,’’ tuturnya. Dia mengatakan perlu kolaborasi berbagai pihak untuk menjaga dan melestarikan silat Betawi. Diantara program yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta adalah menjadikan silat Betawi sebagai destinasi wisata ibukota.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Hilmi Setiawan

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
December 14, 2019 at 04:35PM
https://ift.tt/38FnuCX

Pencak Silat Didorong Masuk Kurikulum Muatan Lokal Sekolah - Jawa Pos
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pencak Silat Didorong Masuk Kurikulum Muatan Lokal Sekolah - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.