Search

Varietas Padi Lokal Dinilai Lebih Resisten Penyakit | Ekonomi - Gatra

Cilacap, Gatra.com – Petani padi organik di Cilacap, Jawa Tengah menilai varietas padi lokal lebih resisten terhadap serangan hama dan penyakit dibanding varietas unggul atau hibdrida.

Ketua Kelompok Tani Bina Sari Alam (BSA) Cilacap, Hadzik Usman mengatakan varietas lokal relatif lebih tahan serangan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Misalnya, hawar daun dan patah busuk leher.

“Kalau varietas lokal itu jarang sekali terserang hawar daun dan patah batang leher. Kalau pun terserang dampaknya tidak terlalu parah,” katanya.

Kata dia, ini berbeda dengan varietas hibdrida yang cenderung berrisiko lebih tinggi terhadap serangan penyakit yang bisa menyebabkan penurunan hasil produksi secara signifikan. Dalam serangan kategori parah, penurunan hasil panen bisa mencapai 40 persen.

Selain resistem serangan penyakit, varietas lokal juga lebih tahan serangan hama. Misalnya, hama wereng.

Namun begitu, Hadzik mengemukakan, daya tahan varietas lokal terhadap serangan hama dan penyakit juga dipengaruhi pola budidayanya. Saat padi dibudidayakan secara organik, tanaman akan relatif bebas serangan hama.

Sebab, dalam pertanian organik, yang dikembangkan adalah keseimbangan ekosistem. Saat membudidayakan padi secara organik, predator hama pun akan berkembang dengan baik.

“Karena hama itu kan sifatnya berkembang. Sedangkan yang organik itu kan banyak musuh alaminya, sehingga sebelum hama berkembang sudah dimakan oleh musuh alaminya,” jelasnya.

Kelompok Tani BSA menanam sejumlah varietas lokal. Di antaranya, Mentik wangi, Mentik susu, Rajalele, dan varietas Sintanur. Salah satu kelebihan organik adalah menciptakan ekosistem untuk musuh alami hama dan penyakit. Itu sebab, jarang dibutuhkan insektisida atau racun untuk hama dan penyakit.


Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Budi Arista


Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
December 22, 2019 at 05:42PM
https://ift.tt/2QdJkFd

Varietas Padi Lokal Dinilai Lebih Resisten Penyakit | Ekonomi - Gatra
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Varietas Padi Lokal Dinilai Lebih Resisten Penyakit | Ekonomi - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.