Search

Jangilus, Nama Lokal Ikan Marlin Favorit Pemancing di Pangandaran - Detiknews

Pangandaran -

Heboh strike dua ekor ikan marlin di perairan Pantai Keusik Luhur Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran terus menjadi perbincangan di kalangan mancing mania. Karena sensasi strike ikan marlin adalah idaman para pemancing.

"Marlin yang berhasil kami pancing jenis marlin hitam. Ada juga yang menyebutnya marling ronggeng," kata Agus Suherman alias Cile (38) warga Parigi, pemancing yang beruntung itu.

Disebut marlin ronggeng karena jenis marlin yang satu ini memiliki sirip bagian atas yang lebih lebar. Bagi nelayan Pangandaran, ikan marlin memiliki nama lokal tersendiri. Yakni disebut ikan jangilus. "Yang saya pancing ini namanya Jangilus ronggeng," kata Cile.

Marlin merupakan ikan predator yang hidup mandiri. Ikan bernama latin Makaira Mazara ini juga jenis ikan perenang cepat. Kecepatannya saat "berlari" di lautan konon bisa mencapai 100 km/jam, bahkan ikan ini pun sering meloncat-loncat ke permukaan air.

Terpisah Bani Sabaeni, salah seorang nelayan Pangandaran mengatakan selain lincah dan gesit, ikan marlin pun berbahaya ketika ditangkap. Hal itu karena paruhnya yang tajam, jika tak cermat saat menangkapnya, paruh tajam yang mirip tombak itu bisa menancap di tubuh. "Akibatnya bisa fatal. Ketika diangkat ke perahu harus paruhnya dulu yang dipegang, diamankan dulu. Kalau tidak, takutnya dia meronta, paruhnya menusuk badan, bahaya," kata Bani.

Bani memaparkan bagi nelayan atau pehobi mancing, bisa strike atau mendapatkan ikan marlin adalah kebanggaan dan memberikan pengalaman memancing yang luar biasa. Karena saat terpancing, ikan ini akan memberikan perlawanan yang luar biasa. Bergerak cepat ke segala arah hingga meloncat-loncat ke permukaan.
"Istilahnya ikan idaman para pemancing. Saya pernah dulu strike marlin satu kali. Padahal ukurannya sebesar paha, tergolong masih kecil sih, Hampir satu jam saya tarik ulur, sebelum akhirnya dia menyerah," katanya

(mud/mud)

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
March 02, 2020 at 10:17PM
https://ift.tt/2TK8m0P

Jangilus, Nama Lokal Ikan Marlin Favorit Pemancing di Pangandaran - Detiknews
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jangilus, Nama Lokal Ikan Marlin Favorit Pemancing di Pangandaran - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.