Search

Dampak Virus Corona, Industri Pariwisata Andalkan Wisatawan Lokal - Tempo

TEMPO.CO, Surabaya - Biro perjalanan wisata yang ada di Surabaya mengeluhkan penurunan minat wisata ke luar negeri dalam sebulan terakhir. Hal ini tak lepas dari ancaman wabah virus corona yang membuat sejumlah negara menutup kunjungan turis asing.

"Kalau Januari 2020 masih ada kunjungan, tapi saat Februari begitu ada pengumuman dan Tiongkok terkena wabah, langsung tidak ada peminat berwisata ke luar negeri," kata pemilik Padma Tour Organizer, Wina Bojonegoro, Kamis 5 Maret 2020. 

Ia mengatakan, pada saat wabah virus corona diumumkan pertama kali oleh Cina, peminat wisata ke luar negeri mulai menurun. Padahal biasanya dalam sebulan, minimal ada delapan kali perjalanan dari Surabaya, Malang dan Jakarta. "Kalau awal-awal corona masih ada penerbangan, dan harusnya bulan ini juga ada yang berangkat tapi ternyata tidak bisa atau dibatalkan," kata Wina kepada wartawan.

Padma Tour Organizer, kata Wina, biasanya memberangkatkan wisatawan ke sejumlah wilayah Asia, seperti Vietnam dan Thailand, ditambah beberapa negara Eropa seperti Turki. Tapi saat ini jauh merosot. Oleh karena itu, Wina berharap pemerintah bisa melakukan langkah antisipasi agar kondisi "yellow zone" bagi Indonesia bisa kembali ke "green zone".

Ketua DPD Asosiasi Agen Tour dan Travel Indonesia(Asita) Jawa Timur, Arifudinsyah mengakui hal yang sama. Ia bahkan menyebut bahwa beberapa agen travel saat ini sudah kolaps. "Saat ini memang sedang kolaps, bahkan untuk penerbangan ke Cina sudah dibatalkan semua, umrah disetop dan tiket penerbangan sedikit," kata dia.

Arifudinsyah mengaku, dirinya bersama beberapa anggota travel hanya berharap pada wisatawan domestik, meski dalam beberapa pekan terakhir masih kurang bergairah. "Kami saat ini hanya berharap dari pariwisata domestik antarprovinsi, sebab kalau ke luar negeri sudah sulit ," katanya.

ANTARA

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
March 05, 2020 at 10:57AM
https://ift.tt/3aupoGI

Dampak Virus Corona, Industri Pariwisata Andalkan Wisatawan Lokal - Tempo
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dampak Virus Corona, Industri Pariwisata Andalkan Wisatawan Lokal - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.