Search

Imbas Corona, PHRI Jawa Barat Ingin Obral Diskon bagi Turis Lokal - Cek Fakta Tempo

TEMPO.CO, Bandung - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan, akan membahas di internal organisasinya kemungkinan menggalang diskon demi menggenjot wisatawan domestik. Hal ini penting untuk menutup anjloknya sektor wisata akibat imbas virus corona.

“Misalkan pesawat ada diskon tiket, kemudian hotel beri diskon, restoran beri diskon di sini, khusus untuk Jawa Barat. Itu kita promosikan keluar. Tapi ini belum jadi keputusan,” kata dia saat dihubungi Tempo, Rabu, 4 Maret 2020.

Herman mengatakan, pelaku usaha di sektor wisata di Jawa Barat ini sudah banyak terdampak virus corona. Okupansi hotel misalnya, anjlok. “Okupansi semakin turun jauh. Kota Bandung okupansinya tinggal 35 persen. Tadinya kita berharap di angka 50 persen, tapi hanya dapat 45 persen. Kondisi sekarang makin turun lagi. Untuk Jawa Barat, sekitar 20 persen. Coba saja lihat, hotel dengan jumlah kamar 100 kamar, terisi 2-3 kamar,” kata dia.

Wisatawan asing saat ini juga sudah jarang terlihat. “Kalau kemarin dari Malaysia masih terlihat di Otista (Kota Bandung), tapi hari ini tidak tahu, karena sudah tidak ada penerbangan,” kata Herman.

Herman khawatir kondisi akan makin memburuk. Karena itu, PHRI berharap obral diskon ini bisa menjadi solusi untuk mendorong sektor wisata, terutama dengan membidik turis lokal.

Sebenarnya, kata Herman, spending atau pengeluaran wisatawan lokal, tidak berbeda jauh dengan wisatawan asing. Jumlahnya juga relatif besar. “Spending gak terlalu beda. Kadang orang asing pelit juga. Orang kita datang 1 koper, pulang bisa 2 koper,” kata dia.

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
March 05, 2020 at 05:52AM
https://ift.tt/39ro1IP

Imbas Corona, PHRI Jawa Barat Ingin Obral Diskon bagi Turis Lokal - Cek Fakta Tempo
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Imbas Corona, PHRI Jawa Barat Ingin Obral Diskon bagi Turis Lokal - Cek Fakta Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.