Search

ASN di Manokwari Dapat Jatah Beras Petani Lokal - Cendana News

MANOKWARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari, Papua Barat, mulai memanfaatkan beras petani lokal sebagai jatah pangan bagi aparatur sipil negara (ASN) di daerah tersebut.

Kini jatah beras bagi pegawai negeri di kabupaten tersebut tak lagi dipasok Bulog, melainkan sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Distrik Warmare, Prafi, Masni dan Sidey yang selama ini menjadi lumbung padi di daerah ini.

Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo di Manokwari, Rabu, menjelaskan pengalihan beras jatah ASN dari Bulog ke beras lokal ini merupakan komitmen bupati dan wakil. Selain menjaga stabilitas harga beras bagi petani, itu dilakukan agar ASN mendapat tunjangan pangan yang berkualitas.

“Dari komitmen itu kami minta Pak Wanto sebagai Asisten 1 untuk melakukan rapat bersama BUMDes dari Warmare sampai Sidei. Setelah dihitung, ternyata beras produksi petani kita cukup untuk kebutuhan ASN,” jelas Budoyo.

Ia menyebutkan, kebutuhan beras ASN Manokwari mencapai 100 ton perbulan. BUMDes menyanggupi itu dan nota kesepahaman kerja sama antara pemerintah daerah dengan BUMDes sudah ia tandatangani pekan lalu.

Menindaklanjuti kerjasama tersebut, lanjut Edi Pemkab Manokwari akan segera berkoordinasi dengan Pemprov Papua Barat. Itu dilakukan agar distributor pemenang tender bisa berkomunikasi dengan BUMDes terkait pengalihan ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat, produksi padi di Manokwari meningkat selama dua tahun terakhir.

Pada tahun 2018, produksi padi dari petani di Manokwari mencapai 13.390 ton. Pada 2019 meningkat menjadi 17.002 ton.

Dibanding daerah lain di Papua Barat, produksi beras di Manokwari saat ini masih lebih tinggi. Kabupaten Sorong dan Manokwari Selatan berada di urutan kedua dan tiga.

Dari data tahun 2019, produksi beras di Kabupaten Sorong sebanyak 4.947 ton. Sedangkan Manokwari Selatan 4.664 ton. (Ant)

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
March 04, 2020 at 09:48PM
https://ift.tt/38mD3OD

ASN di Manokwari Dapat Jatah Beras Petani Lokal - Cendana News
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "ASN di Manokwari Dapat Jatah Beras Petani Lokal - Cendana News"

Post a Comment

Powered by Blogger.