Search

Medan Masuk Kategori Transmisi Lokal Penularan Covid-19 - CNN Indonesia

Medan, CNN Indonesia -- Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan saat ini wilayahnya masuk kategori transmisi lokal penularan Covid-19. Artinya penyebaran virus corona tidak lagi terjadi dari masyarakat luar ke Kota Medan, tetapi sudah antarmasyarakat lokal.

"Saat ini masa transmisi lokal. Artinya penularan bukan lagi terjadi dari warga luar kota, namun antarwarga kota. Ini kondisi yang berbahaya. Ini bukan main-main," kata Akhyar, Jumat (24/4).


Guna mencegah penularan Covid-19, Akhyar mengingatkan masyarakat tetap patuhi imbauan pemerintah yakni tidak lalai menggunakan masker, selain tetap rajin cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

"Karena itu, tetaplah memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak fisik," paparnya.

Akhyar menjelaskan saat ini banyak kegiatan bakti sosial berupa pemberian bantuan kepada masyarakat yang terdampak secara sosial ekonomi akibat pandemi ini. Namun yang harus diingat, bantuan-bantuan ini tentu ada batasnya.

"Inilah ladang jihad kita. Berjuang di jalan Allah untuk menyelamatkan umat manusia dari virus Covid-19," ujarnya.


Medan Masuk Kategori Transmisi Lokal Penularan Covid-19Insert Artikel - Waspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)
Kota Medan termasuk zona merah penularan Covid-19. Angka positif Covid-19 di Medan bahkan tercatat paling tinggi dibanding kabupaten/kota lain di Sumut. Per 23 April 2020, sedikitnya 76 orang warga Medan tercatat positif.

Namun begitu untuk mencegah penularan virus corona, Akhyar menyatakan tidak akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Medan. Namun sebaliknya, kader PDI Perjuangan tersebut lebih memilih untuk menerapkan Cluster Isolation.

"Kita sudah bahas soal ini, kemarin saya sudah dipanggil Pak Gubernur Edy Rahmayadi. Draf Perwali tentang Cluster Isolation sedang dipersiapkan," ujarnya.

Akhyar menyebutkan Cluster Isolation yang diterapkan yakni dengan cara mengisolasi warga yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) dan orang tanpa gejala (OTG) yang selama ini masih berkeliaran.


"Warga yang positif Covid-19 dan pasien dalam pengawasan (PDP) sudah terisolasi di rumah sakit. Sedangkan warga yang masuk ODP dan OTG masih berkeliaran. Melalui Cluster Isolation ini, merekalah nanti yang akan kita isolasi agar tidak berkeliaran dan rentan menularkan virus corona di tengah-tengah masyarakat," ucapnya. (fnr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
April 24, 2020 at 07:51PM
https://ift.tt/3cOcfJF

Medan Masuk Kategori Transmisi Lokal Penularan Covid-19 - CNN Indonesia
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Medan Masuk Kategori Transmisi Lokal Penularan Covid-19 - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.