Search

Transmisi Lokal, Bali akan Rapid Test 2.300 Warga di Bangli - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan 2.300 warga Kabupaten Bangli, khususnya dari Banjar Serokadan dan dua banjar (dusun) di sekitarnya harus mengikuti rapid test setelah ditemukan delapan kasus transmisi lokal.

"Mulai besok, Kamis (30/4) akan dilakukan rapid test seluruh krama (warga) Banjar Serokadan itu dan dua banjar lainnya, yang mencapai 2.300. Kami akan fasilitasi rapid test, tentu dengan tetap menjaga physical distancing," kata Dewa Indra saat menyampaikan keterangan pers, di Denpasar, Rabu (29/4).

Pada Selasa (28/4), Dewa Indra menyampaikan delapan warga Banjar Serokadan, Desa Abuan, Kabupaten Bangli dinyatakan positif Covid-19 karena transmisi lokal akibat satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) di banjar tersebut tidak disiplin melakukan karantina atau isolasi mandiri.

"Delapan orang itu sebenarnya hasil tracing contact juga. Saya komunikasi terus dengan Bupati Bangli, tadi pagi, tadi siang untuk memastikan bahwa harus terus-menerus dilakukan pencarian, penemuan, dengan siapa saja yang pernah kontak dengan mereka yang positif itu," ujar pria yang juga Sekda Provinsi Bali.

Untuk menerapkan physical distancing saat rapid test esok, pihaknya telah meminta Bupati Bangli mengatur proses rapid test dari sisi waktu dan tempat supaya tidak sampai ada kerumunan.

"Rapid test diprioritaskan untuk keluarga dekat, dimana ditemukan orang-orang positif itu, sedangkan yang lainnya bisa dilakukan pada hari berikutnya," ucapnya.

Dewa Indra menambahkan rapid test juga akan dilaksanakan mulai Kamis (30/4) di daerah Padangkerta, Kabupaten Karangasem, yang juga ditemukan empat kasus transmisi lokal karena terinfeksi dari salah satu PMI di daerah tersebut.

"Saja juga sudah berkomunikasi dengan Wabup Karangasem dan Pejabat Sekda, tadi pagi sudah di-tracing, sehingga kalau datanya lengkap, mulai besok dilakukan rapid test," kata birokrat asal Pemaron, Kabupaten Buleleng itu.

Rapid test, lanjut Dewa Indra, digarapkan bisa menemukan warga yang reaktif dan positif Covid-19.

"Lalu kita pilah, kemudian ditangani dengan uji swab dan kalau perlu masuk rumah sakit, akan dirawat di RS atau tempat karantina, sehingga tidak menginfeksi warga lainnya," kata mantan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali itu. (Antara/wis)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
April 30, 2020 at 04:30AM
https://ift.tt/2KNdzk5

Transmisi Lokal, Bali akan Rapid Test 2.300 Warga di Bangli - CNN Indonesia
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Transmisi Lokal, Bali akan Rapid Test 2.300 Warga di Bangli - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.