Search

Waspada Penyebaran Covid-19 di Klaten sudah lewat Transmisi Lokal - Jawa Pos

KLATEN – Penambahan empat kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Minggu (26/4) lalu menunjukkan penyebaran secara transmisi lokal. Penyebarannya tidak lagi dari masyarakat luar ke warga Klaten, tetapi sudah antarwarga Kota Bersinar.

Hal itu terlihat pada kasus pasien positif Covid-19 dari Kecamatan Wonosari, SU, 51. SU diduga kuat terpapar suaminya yang terlebih dahulu positif Covid-19 dalam klaster Gowa. Saat ini SU menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten dengan kondisi stabil dan baik.

”Memang yang Wonosari ini istrinya terkonfirmasi positif korona. Sebelumnya telah dilakukan tes swab terhadap lima orang. Salah satunya dinyatakan positif, ya sang istri ini,” jelas Anggota Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten Anggit Budiarto, kemarin (27/4).

Dari kasus tersebut, lanjut Anggit, menunjukkan penyebaran secara transmisi lokal pertama di Klaten. Hal ini langsung ditindaklanjuti gugus tugas dengan melakukan pelacakan pada mereka yang memiliki kontak erat. Dua orang sudah dites swab, yakni anak SU dan keponakannya. Meskipun pada tes swab pertama negatif, tetapi akan dilakukan pemeriksaan kembali. Mengingat tes swab yang dilakukan sebelumnya dinyatakan positif.

”Tetap kita lakukan tes swab lagi karena kan anak dan keponakannya itu memiliki kontak erat dengan SU. Kita kan tidak tahu kondisinya setelah mereka kontak dengan ibunya. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lagi,” imbuh kepala bidang (kabid) Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 itu.

Anggit menambahkan, atas temuan penyebaran transmisi lokal tersebut, warga setempat diminta tidak panik. Namun tetap patuh melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing usai berpergian dari zona merah. Artinya tetap menggunakan masker di dalam ruangan seorang diri dengan seluruh peralatan yang digunakan merupakan milik sendiri.

”Tetap berperilaku sehat dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Terpenting saat keluar rumah tetap menggunakan masker. Begitu juga melakukan physical distancing,” jelasnya.

Koordinator Wilayah 1 Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten Ronny Roekmito mengatakan, jika kasus positif korona dengan penyebaran dengan transmisi lokal baru ada satu kasus.

”Baru itu sepertinya. Kalau isolasi di rumah itu ya harus menggunakan masker. Usahakan peralatan makanan merupakan milik sendiri. Kan sudah ada protokolnya, ya isolasi di kamar sendiri,” jelasnya. (ren/adi/ria)

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
April 28, 2020 at 03:15PM
https://ift.tt/3eZgK68

Waspada Penyebaran Covid-19 di Klaten sudah lewat Transmisi Lokal - Jawa Pos
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waspada Penyebaran Covid-19 di Klaten sudah lewat Transmisi Lokal - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.