Search

Harga Daging Lokal di Mataram Melonjak - SUARA NTB

Diah, pedagang daging sapi lokal di Pasar Mandalika sibuk melayani pembeli, Rabu, 22 April 2020. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pencabutan moratorium pengiriman sapi ke luar daerah berdampak. Harga daging lokal melonjak. Perlu pengaturan agar harga stabil menjelang lebaran. Di Pasar Mandalika harga daging sapi lokal Rp 140 ribu perkilogram. Saat kondisi normal, pedagang menjual Rp125 ribu – Rp 130 ribu perkilogram.

Kenaikan harga daging sapi lokal dirasakan oleh Diah. Menurutnya, sejak sebulan lalu harga daging mulai melonjak. Sebelumnya, Rp130 ribu naik Rp10 ribu menjadi Rp 140 ribu perkilogram. “Sudah sebulan lalu harganya naik,” kata Diah ditemui di Pasar Mandalika, Rabu, 22 April 2020 siang.

Daging sapi yang dijual tidak dibeli dari rumah potong hewan. Diah memiliki tempat pemotongan hewan. Dia mengeluh sejak penutupan pasar hewan di Lombok. Harga sapi langsung melonjak drastis. Di pasar hewan satu ekor sapi dibeli Rp12 juta. Saat ini, naik menjadi Rp15 juta perekor. “Saya langsung beli ke peternak. Tapi harga mahal ndak seperti di pasar hewan,” keluhnya.

Sebagai pedagang kecil, ia mengharapkan ada kebijakan dari pemerintah untuk menstabilkan harga daging. Jika tidak dikendalikan maka pedagang sapi lokal akan kalah pedagang daging beku atau impor. Kenaikan harga sapi lokal juga dirasakan oleh Hj. Ningsih. Ia harus merogoh kantong lebih dalam untuk membeli tiga kilogram daging sapi untuk keperluan hajatan. “Iya, mau gimana harus dibeli,” tuturnya.

Ningsih memang tidak setiap hari membeli daging sapi lokal dalam jumlah banyak. Untuk konsumsi sehari – hari, ia membeli seperempat kilogram saja. Kenaikan ini dipastikan sangat berdampak terhadap pemenuhan kebutuhan lainnya. Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, Ir.H. Muttawali mengatakan, kenaikan harga daging sapi lokal disebabkan adanya kebijakan Pemprov NTB mencabut moratorium pengiriman ternak ke luar daerah.

Peternak berlomba – lomba mengirim ke Pulau Jawa dan sekitarnya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Dan, pengirimannya tidak terkontrol. “Harga diluar daerah lebih mahal dibandingkan disini,”ungkapnya. Sebelum pencabutan moratorium jumlah pemotongan sapi normal. Saat ini,pemotongan sapi 10 ekor perhari dari sebelumnya 20-25 ekor. (cem)

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
April 23, 2020 at 08:36AM
https://ift.tt/2xQClNt

Harga Daging Lokal di Mataram Melonjak - SUARA NTB
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Daging Lokal di Mataram Melonjak - SUARA NTB"

Post a Comment

Powered by Blogger.