Search

Bantuan Sembako Didorong Sisipkan Produk Lokal - NusaBali

  • www.nusabali.com-bantuan-sembako-didorong-sisipkan-produk-lokal

DENPASAR, NusaBali
Bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 oleh Pemkab/Pemkot, Dinas Sosial, Desa Dinas, Desa Adat dan oleh berbagai pihak lainnya didorong agar juga memanfaatkan produk pangan lokal.

Tujuannya membantu penyerapan produk petani/peternak yang saat ini pemasarannya ‘macet’ karena kebijakan social distancing. Hal tersebut terungkap surat  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali  tanggal 23 April 2020 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se-Bali.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali Ida Bagus Wisnuardhana mengirimkan Surat bernomor 46/8515/SEKRET/Distanpangan, perihal Produk Pertanian Lokal untuk Paket Sembako.

Adapun produk lokal yang diharapkan bisa melengkapi paket sembako di antaranya aneka bumbu, sayuran, buah-buahan, daging dan telur,serta tentunya beras serta kebutuhan pokok lainnya, dari kelompok-kelompok  yang merupakan binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Permintaan agar paket sembako terkait Covid -19 berisi produk pangan lokal, diapresiasi DPD Asosiasi Pelaku Usaha Hortikultura Indonesia (Aspehorti) Bali. “Kami mengapresiasi hal ini agar memang paket bantuan sembako berisi produksi pangan lokal, sehingga serapan produksi pangan lokal bisa terserap lebih banyak dalam suasana Covid -19 ini,”ujar Ketua DPD Aspehorti Bali I Wayan Sugiarta. Selain itu, Sugiarta juga mengapresiasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, yang sebelumnya sudah memelopori pemberian sembako kepada masyarakat yang terkena dampak Covid -19.

Terpisah Ketua Perhimpunan Insan Peternakan Ungas Rakyat (Pinsar) Indonesia, Bali  I Ketut Yahya Kurniadi berharap Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bekerjasama untuk membantu membeli daging hasil produksi peternak mandiri. Menurutnya di luar daerah, pola kerjasama itu sudah dilakukan, dimana daging ayam dari peternak dibeli pemerintah, kemudian disimpan dalam cold storage, yang kemudian dibagikan dalam paket sembako.

Harapan kerjasama disampaikan  Yahya Kurniadi, karena jika mengacu surat dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan  No bernomor 46/8515/SEKRET/Distanpangan tertanggal 23 April 2020, peternakan ayam broiler tidak termasuk dalamnya. “Karena belum ada (peternak ayam broiler) yang jadi binaan langsung Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan,” kata Yahya Kurniadi. *k17

loading...

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
April 25, 2020 at 01:47PM
https://ift.tt/353cePD

Bantuan Sembako Didorong Sisipkan Produk Lokal - NusaBali
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bantuan Sembako Didorong Sisipkan Produk Lokal - NusaBali"

Post a Comment

Powered by Blogger.