Search

Kisah Local Heroes Audria, Perbaiki Sitem Pangan Lokal dengan Little Spoon Farm - Okezone

BALI tidak hanya dikenal dengan budaya, keindahan alam dan keramah-tamahan warganya saja. Tetapi juga dikenal dengan hijaunya lahan pertanian sebagai sistem pangan lokal Indonesia.

Dialah Audria Adythia Evelinn, gadis cantik berusia 27 tahun yang memilih jalan hidup menjadi farmer atau petani. Audria bukan petani biasa. Bukan karena muda, tetapi ia memang berbeda. Ia memiliki mimpi untuk memperbaiki sistem pangan lokal, khususnya di sekitar tempatnya tinggal di kawasan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

Audria banyak menghabiskan waktunya di Green House, kebun yang berada di villa tempat ia tinggal. Di tempat itu, Audria menanam secara organik beragam jenis sayuran seperti zucchini, butternut, thai basil, pearl shallots, lettuces, arugula, marigold flowers, dan mints. Audria sangat memperhatikan perawatan tanaman-tanaman yang ada di green house, tak hanya pupuk, anti-hama organik tetapi juga tata kelola air.

“Bali sekarang ini lagi panas, jadi penyiramannya kita setting secara otomatis kalau panasnya 35 derajat, kita juga memasang fan, supaya udara di sini tetap sejuk,” tuturnya.

Tidak hanya menanam di kebunnya sendiri, Audria juga mengajak mengajak petani untuk menanam tanaman organik, memperbaiki tanah yang rusak akibat sistem pengeolaan yang salah. “Kita biasa untuk regenerasi tanah. Prosesnya, dengan memberikan pupuk kompos dari bahan-bahan tumbuhan dan kultur mikro organisme lokal dari bahan-bahan organik,” jelas Audria.

Local Heroes Kejar Mimpi

Melalui Little Spoon Farm, platform online yang ia dirikan, Audria bersama beberapa anak muda lainnya menjadikan Little Spoon Farm sebagai wadah pemberdayaan hubungan antara petani dengan konsumen. “Saya termotivasi untuk membuat konsep Little Spoon Farm. Ibaratnya farm kita seperti sendok kecil yang memberikan akses nutrisi, edukasi, dan juga market support untuk alam, petani, dan masyarakat," akunya.

Lanjut Audria, pemahaman konsumen dengan cara produksi makanan juga masih sangat terbatas. Dampaknya masyarakat sebagai konsumen juga yang menanggung akibatnya dengan kesehatan mereka.

“Oleh karena itu saya termotivasi untuk membuat konsep Little Spoon Farm. Ibaratnya farm kita seperti sendok kecil yang memberikan akses nutrisi, edukasi, dan juga market support untuk alam, petani, dan publik,” katanya.

Saat ini Little Spoon Farm telah memiliki tidak kurang dari 130 pelanggan yang tersebar di sekitar Bali. Sebagai pelanggan mereka mendapatkan Little Spoon Farm Box yang berisi sayuran, buah dan makanan olahan organik dari para petani yang menjadi mitra Audria.

Di sela-sela shooting TVC #KejarMimpi CIMB Niaga di kediamannya beberapa waktu lalu, Audria sempat menceritakan tentang awal ia mendirikan Little Spoon Farm dan berfokus pada mendukung petani lokal untuk mengadopsi praktik penanaman regeneratif.

“Dari dulu saya sudah tertarik dengan alam, akhirnya mengambil jurusan lingkungan hidup, dengan spesialisasi Urban Sustainability pada saat kuliah,” paparnya.

Local Heroes Kejar Mimpi

Gadis yang punya kegemaran membaca buku ini juga mengatakan jika bidang agrikultur merupakan salah satu sebab kerusakan terbesar dari lingkungan. Sejak itu pula ia fokus untuk merubah lingkungan tempat tinggalnya di Tabanan, Bali menjadi lebih baik lagi, mengingat masih banyak lahan yang bisa digarap.

“Dari situ, saya mulai paham kalau bidang agrikultur adalah salah satu sebab kerusakan lingkungan terbesar, karena banyak petani yang memperlakukan monokultur (menyebabkan tanaman memerlukan perawatan yang tinggi untuk prevensi hama), yang akhirnya mencemari dan merugikan lingkungan itu sendiri,” pungkasnya.

Anak ke 2 dari 5 bersaudara yang memiliki gelar B.A dari Seattle University in Urban Sustainability ini mengungkapkan juga alasan mengapa dirinya tetap memilih Indonesia untuk mengejar mimpinya.

“Di Indonesia alam dan komunitasnya sangat mendukung. Saya juga ingin berkontribusi untuk negeri yang saya cintai ini,” tegasnya.

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
November 04, 2019 at 11:11AM
https://ift.tt/33dB3qr

Kisah Local Heroes Audria, Perbaiki Sitem Pangan Lokal dengan Little Spoon Farm - Okezone
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Local Heroes Audria, Perbaiki Sitem Pangan Lokal dengan Little Spoon Farm - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.