Search

Kepala BKPM: Investasi yang Masuk Harus Jadi Berkah untuk Pengusaha Lokal - Okezone Economy

JAKARTA – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan, setiap investasi yang masuk ke daerah-daerah harus melibatkan pengusaha lokal, terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), karena merekalah pengusaha sejati.

“Setiap investasi harus menjadi berkah bagi UMKM. Mereka sudah teruji bertahun-tahun, dan merekalah yang tahan uji terhadap setiap turun-naiknya gelombang perekonomian,” kata Bahlil, Selasa (19/11/2019).

Bahlil

Menurut Bahlil, selama ini mayoritas investasi di Indonesia lebih banyak melibatkan pengusaha-pengusaha besar, sementara pengusaha lokal hanya jadi penonton. Ke depan, kondisi ini harus menjadi perhatian BKPM, karena hal ini terkait dengan penyerapan tenaga kerja.

“Lebih dari itu, kebijakan seperti ini akan berkaitan langsung dengan keadilan berusaha dan kesejahteraan masyarakat umumnya,” tegasnya.

Bahlil

Selain pengusaha lokal, kata Bahlil, BKPM ke depan harus mengambil posisi sebagai eksekutor, bukan klinik. Ia mencontohkan Vietnam yang kini menjadi kawasan paling laris bagi investor asing, terutama asal Amerika Serikat dan Tiongkok. “Di Vietnam, lembaga investor tidak berperan sebagai klinik, tapi eksekutor. Hal inilah yang harus menjadi kebijakan BKPM hingga BKPMD ke depan dalam menarik investasi ke Indonesia.”

“Kita harus mengawal, merawat, hingga sang investor mengambil keputusan atau eksekusi untuk berinvestasi di Indonesia,” kata mantan ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), itu.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
November 19, 2019 at 01:22PM
https://ift.tt/2OoYua3

Kepala BKPM: Investasi yang Masuk Harus Jadi Berkah untuk Pengusaha Lokal - Okezone Economy
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kepala BKPM: Investasi yang Masuk Harus Jadi Berkah untuk Pengusaha Lokal - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.