Search

Pemprov Dorong Investor Lokal Berani Investasi di NTB | Ekonomi - Gatra

Mataram, Gatra.com - Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTB) sangat terbuka kepada investor dari mana pun, bahkan justru lebih mengharapkan masuknya  investor dalam negeri. Karenanya, Pemprov NTB mendorong keberanian investor lokal untuk mengembangkan investasinya di NTB.

Kaitannya dengan investasi Pemerintah Provinsi NTB optimis angka pencapaian investasi di NTB dalam tahun 2019 akan bisa terpenuhi. Meski hingga triwulan ke III-2019 nilai investasi yang masuk ke NTB mencapai Rp7,5 triliun dari target yang ditetapkan pemerintah pusat senilai Rp14 triliun.

"Realisasi investasi baru setengahnya tercapai, nampaknya dampak dari pascagempa bumi 2018 terjadi penjadwalan ulang investasi oleh para investor. Selain itu, ada siklus lima tahunan, tahun politik," jelas Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, Lalu Gita Ariadi kepada wartawan di Mataram, Ahad (3/11).

Gita menambahkan, pihaknya tetap optimis investasi akan terbangun lebih baik pada 2020. Untuk target pada 2019.

“Sebelum akhir tahun kita lihat. Mudah-mudahan progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, dan pembangunan smelter akan memacu pertumbuhan investasi," terangnya.

Ia juga menyatakan, sektor yang paling dominan penyumbang realisasi investasi hingga triwulan III-2019 adalah sektor pertambangan, industri pariwisata (hotel dan restoran), serta sektor perhubungan.

Pada asektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan masih relatif kecil, meskipun NTB merupakan salah satu provinsi penghasil komoditas pertanian tanaman pangan, perkebunan, dan peternakan serta perikanan.

Ia katakan, hingga saat ini, beberapa provinsi di Indonesia mengambil berbagai komoditas hasil pertanian dari NTB sebagai bahan baku industri olahan. Salah satunya Provinsi Jawa Timur, yang mendatangkan jagung dan rumput laut dari NTB.

Dikatakan Gita, potensi sumber sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan NTB sangat luar biasa. Oleh sebab itu, pihaknya terus mempromosikan potensi investasi tersebut agar investor tertarik menanamkan modalnya di NTB. Promosi dilakukan di dalam dan luar negeri.

Salah satu yang selalu dipromosikan adalah potensi perikanan di kawasan perairan Teluk Awang, Kabupaten Lombok Tengah, dan Teluk Saleh, Pulau Sumbawa. Selain itu, potensi industri garam yang tersebar di Pulau Lombok, dan Pulau Sumbawa.


Reporter: Hernawardi
Editor: MS Widodo


Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
November 04, 2019 at 05:16AM
https://ift.tt/2PIEmSp

Pemprov Dorong Investor Lokal Berani Investasi di NTB | Ekonomi - Gatra
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemprov Dorong Investor Lokal Berani Investasi di NTB | Ekonomi - Gatra"

Post a Comment

Powered by Blogger.