Search

Kerja Sama dengan Jepang, Jokowi Tekankan soal Konten Lokal dan Alih Teknologi - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Pertemuan dilakukan di sela-sela KTT ke-35 ASEAN yang dihelat di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, pada Senin (4/11/2019).

Presiden Jokowi menekankan bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan Jepang di Indonesia harus mengedepankan aspek konten lokal hingga alih teknologi.

Di awal pertemuan, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa dalam 5 tahun ke depan, Indonesia memiliki beberapa prioritas utama pembangunan yaitu pembangunan sumber daya manusia, keberlanjutan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, dan reformasi kelembagaan.

Baca juga: Partai Pendukung Pemerintah Indonesia-Jepang Juga Bahas Kerja Sama Pondok Pesantren

“Dalam pertemuan ini, saya ingin fokus pada dua isu yaitu kerja sama infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana.

PM Abe menyambut baik prioritas utama pemerintah RI tersebut.

“Jepang tentunya ingin bekerja sama di bidang yang merupakan prioritas utama, terutama pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia,” ucap PM Abe.

Saat ini, ucap Presiden, Indonesia-Jepang sudah memiliki banyak kerja sama di bidang infrastruktur. Diantaranya proyek MRT Jakarta, Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, dan Pelabuhan Patimban.

“Ke depan, saya juga ingin mendorong peningkatan penggunaan konten lokal dan juga alih teknologi dalam kerja sama infrastruktur kita,” tutur Presiden.

Selain itu, Presiden juga menekankan pembangunan infrastruktur harus dapat menghubungkan sentra ekonomi di daerah pinggiran.

Untuk itu, Presiden Jokowi mendorong kerja sama realisasi pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Natuna, termasuk di beberapa pulau terluar lainnya.

Mengenai kerja sama pembangunan sumber daya manusia, Presiden Jokowi mengundang Jepang untuk meningkatkan kerjasama di bidang vokasi dan internship.

Baca juga: 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang Dirayakan di Hibiya Park Tokyo

"Saya mengundang Jepang untuk meningkatkan kerja sama vokasi dan internship termasuk melalui program kewirausahaan berbasis teknologi, ekonomi kreatif, dan digital,” kata Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Staf Khusus Presiden Fadjroel Rahman, dan Duta Besar Indonesia untuk Thailand Ahmad Rusdi.

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
November 05, 2019 at 07:43AM
https://ift.tt/2WMkuPY

Kerja Sama dengan Jepang, Jokowi Tekankan soal Konten Lokal dan Alih Teknologi - Kompas.com - KOMPAS.com
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kerja Sama dengan Jepang, Jokowi Tekankan soal Konten Lokal dan Alih Teknologi - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.