Search

Nyi Roro Kidul: Antisipasi bencana alam lewat kearifan lokal - BBC Indonesia

Legenda, mitos atau cerita yang ada di masyarakat bisa diteliti untuk mendapatkan pesan soal siaga bencana, sebut peneliti tsunami purba dari LIPI, Eko Yulianto.

"Pesan inti itu kita bawa ke konteks masyarakat saat ini secara rasional. Harapannya cerita mitos atau legenda tadi bisa digunakan untuk membangun kesadaran masyarakat dan mendorong upaya-upaya pengurangan risiko bencana," ujarnya.

Eko menambahkan, hal itu penting karena peristiwa alam adalah fenomena yang selalu berulang.

"Dengan memahami secara mendalam mitos-mitos itu, masyarakat akan lebih bijaksana mengambil keputusan terkait keselamatan mereka, seperti memilih tempat untuk tinggal," paparnya.

Simak juga:

Salah satu legenda dan ritual lama yang masih bertahan hingga kini adalah upacara Labuhan yang kerap digelar di beberapa titik seperti di Gunung Lawu, Gunung Merapi, dan pantai Parangtritis untuk memohon keselamatan.

Hal itu, ternyata erat kaitannya dengan legenda Nyi Roro Kidul yang dikenal sebagai pelindung raja-raja Jawa. Menurut Eko, cerita Nyi Roro Kidul berhubungan dengan sejarah tsunami raksasa yang pernah terjadi di selatan Jawa.

Video produksi: Callistasia Wijaya dan Anindita Pradana

Animasi: Davies Surya

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
October 20, 2019 at 08:32PM
https://ift.tt/2qveDlX

Nyi Roro Kidul: Antisipasi bencana alam lewat kearifan lokal - BBC Indonesia
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nyi Roro Kidul: Antisipasi bencana alam lewat kearifan lokal - BBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.