Search

Lewat Aplikasi Ini, UMKM Berdayakan SDM Lokal - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Ralali.com melakukan inovasi mendorong UMKM untuk lebih memanfaatkan teknologi dengan layanan 020 (offline toonline) melalui BIG Agent.

Platform yang menjadi bagian dari ekosistem digital Ralali.com ini memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan, dengan bekerja menyasar market, termasuk UMKM. Dengan demikian UMKM lebih teredukasi untukmemanfaatkan teknologi digital untuk tetap mampu bersaing.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), menyebutkan dari 133,9 juta jiwa tenaga kerja, 6,9 juta diantaranya tercatat masih menganggur dan sebagian besar berada didaerah perkotaan.

Di sisi lain, sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus didorong agar menghasilkan pemerataan dan peningkatan pendapatan bagi masyarakat, terutama pertumbuhan ekonomi nasional.

VP of City Expansion Ralali.com Carlo Lukman menuturkan, BIG Agent memberdayakan masyarakat yang ingin menjadi Sobat Agent (sebutan bagi pekerja yang tergabung di BIGAgent) melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas yang diinginkan dalam bentuk pekerjaanyang fokus pada promosi dan penjualan. BIG Agent juga melayani segmentasi B2B yangmemungkinkan UMKM untuk membeli kebutuhan usaha secara online dengan harga grosir.

“Sehingga pelaku UMKM tidak kesusahan harus membandingkan vendor A atau B lagi. Karenadari informasi yang diberikan oleh Sobat Agent secara langsung mempermudah pelaku UMKM mengetahui kualitas, dan keuntungan bagi usahanya,” tutur Carlo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Untuk mengoptimalkan peran dan kinerja dari Sobat Agent, Ralali.com bekerja sama denganpengusaha lokal atau lembaga pemberdayaan masyarakat yang merupakan perwakilan disetiap daerah lalu diangkat sebagai Mitra BIG Agent.

Kerja sama tersebut didasari keinginan Ralali.com untuk memberdayakan UMKM dan pengusaha lokal di setiap daerah untuk berdayasaing, melek digital dan mampu melahirkan SDM yang unggul dan produktif.

“Kami menyadari untuk mencapai misi sosial BIG Agent yang besar untuk pelaku bisnis danSDM Indonesia itu tidak dapat dilakukan sendiri, tetapi melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga maupun penyelenggara bisnis yang menjadi Mitra BIG Agent, maka hal tersebut akantercapai,” ujar Carlo.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan Pengusaha Daerah

Carlo menjelaskan, Mitra BIG Agent adalah mitra resmi dan berbadan hukum yang kemudian ditunjuk oleh Ralali.com sebagai representasi di tiap daerah. Saat ini Mitra BIG Agent sudah tersebar di Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat serta Sumatera.

“Kami mengajak pengusaha di daerah untuk bekerja sama membangun keunggulan wilayahnyadengan memberikan pemerataan akses dan ketersediaan barang bagi UMKM, dibantu aplikasi BIG Agent. Ralali.com memiliki kepedulian yang besar pada pemberdayaan UMKM danmasyarakat,” jelas Carlo.

Di sisi lain, lanjut Carlo, Mitra BIG Agent akan mendapatkan sejumlah keuntungan, antara lainmengoptimalkan sumber daya yang dimiliki pebisnis daerah, seperti SDM, kantor atau tokoyang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih Mitra BIG Agent dapatberkontribusi bagi lingkungan dengan memberdayakan masyarakat di sekitarnya untuk bekerja,bersama BIG Agent.

“Pendapatan Mitra BIG Agent itu berupa bagi hasil dari setiap pekerjaanyang dilakukan Agentnya. Kebayang, kan keuntungan yang diperoleh. Itu kalau Mitra mampumengelola ratusan bahkan ribuan Sobat Agent yang di dalam jaringannya untuk bekerja lebihoptimal,” tutur Carlo.

Selama 6 tahun, Ralali.com melayani lebih dari 13.000 pemasok (sellers), memberdayakanhampir 1 juta UMKM dan menangani hampir 300.000 produk (SKU) di dalam platformnya,dengan setengah juta pengguna teregistrasi dan lebih dari 5 juta pengunjung bulanan.BIG Agent adalah on-demand platform dari Ralali.com yang memiliki misi untuk memberikandefinisi cara baru berbisnis.

BIG Agent membantu bisnis berkembang dengan memberdayakandan menghubungkan jutaan pekerja berkualitas, sekaligus membantu masyarakatmendapatkan penghasilan tambahan melalui berbagai jenis pekerjaan sesuai preferensi.Dengan 99 Mitra BIG Agent (mitra bisnis lokal), saat ini terdapat 300 ribu Sobat Agent (anggota)yang tersebar di 25 provinsi se-Indonesia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
October 22, 2019 at 06:17PM
https://ift.tt/2MzJA0S

Lewat Aplikasi Ini, UMKM Berdayakan SDM Lokal - Liputan6.com
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lewat Aplikasi Ini, UMKM Berdayakan SDM Lokal - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.