Search

Tekan Populasi Hewan Lokal, Dinas Pertanian Gelar Sterilisasi dan Kastrasi Gratis - Bali Tribune

balitribune.co.id | Denpasar - Pemkot Denpasar melalui Dinas Pertanian Kota Denpasar bersinergi dengan, Yayasan Seva Bhuana dan Yayasan BAWA (Bali Animal Welfare Association) menggelar kegiatan sterilisasi dan kastrasi khusus hewan lokal serta vaksinasi rabies gratis terhadap hewan peliharaan milik masyarakat, Senin (24/2) di Kantor Dinas Pertanian Kota Denpasar. 

Kegiatan itu berlangsung hingga 27 Februari sebagai upaya mengendalikan populasi hewan liar terutama anjing dan kucing, serta untuk menekan penularan penyakit rabies.

Terlihat di hari pertama masyarakat sangat antusias membawa anjing dan kucing lokal peliharaanya untuk divaksinasi, kastrasi dan sterilisasi. Kegiatan kemarin dan hari ini (Selasa) akan berlokasi di kantor Dinas Pertanian Kota Denpasar. Sedangkan pada 26 dan 27 Februari di Desa Sumerta Kaja.

 "Kegiatan vaksinasi rabies gratis ini adalah kegiatan rutin  hanya saja ditambah dengan sterilisasi dan kastrasi dikhususkan pada Hewan Penular Rabies (HPR) lokal yakni anjing dan kucing," ujar  Kadis Pertanian Kota Denpasar, I Gede Ambara Putra.

Dikatakan,  sepanjang 2017 Kota Denpasar terbebas dari kasus positif rabies (zero kasus). Pasalnya, program vaksinasi yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kota Denpasar berjalan sangat baik dengan capaian cakupan vaksinasi rabies sebesar 87,56% dari 87.992 populasi Hewan Penular Rabies (HPR).

Disebutkan bahwa di Denpasar populasi anjing lokal lebih banyak dibandingkan anjing RAS. Pada 2017 misalnya, populasi anjing lokal 96.000 ekor pertahunya. Untuk itu Dinas Pertanian Kota Denpasar mengkhususkan Sterilisasi dan Kastrasi pada anjing lokal, sebab dari angka tersebut banyak yang merupakan anjing liar.

Masyarakat juga dihimbau agar tidak lagi membuang anjing maupun kucing lokal ke jalanan “Jika ada yang buang atau  menemukan anak anjing dan kucing liar di wilayah Denpasar dilaporkan ke Dinas Pertanian Kota Denpasar,” ungkapnya.

Let's block ads! (Why?)



"lokal" - Google Berita
February 24, 2020 at 10:26PM
https://ift.tt/32o0wO1

Tekan Populasi Hewan Lokal, Dinas Pertanian Gelar Sterilisasi dan Kastrasi Gratis - Bali Tribune
"lokal" - Google Berita
https://ift.tt/2nu5hFK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tekan Populasi Hewan Lokal, Dinas Pertanian Gelar Sterilisasi dan Kastrasi Gratis - Bali Tribune"

Post a Comment

Powered by Blogger.